Pasangan muda, idealnya yang berencana menikah atau yang baru menikah harus punya rumah sendiri. Namun terkendala finansial yang besar kadang menjadi ganjalan.

Tinggal di rumah impian merupakan target yang mesti dicapai didalam sebuah keluarga muda. Dengan strategi yang tepat hal itu bisa diwujudkan dengan dijalankan berdua.

Tips Bagi Pasangan Muda Supaya Dapat Memiliki Rumah

pasangan muda, memiliki rumah

1. Tekan Pengeluaran Berdua

Pengeluaran  bisa Anda negosiasikan dengan pasangan yang memiliki tujuan untuk membel rumah, pahami dulu hal tersebut buanlah hal yang kecil dam cukup memberatkan secara keuangan.

Untuk itu Anda harus enekan pengeluaran agar Anda bersama pasangan memiliki tabungan yang cukup nantinya untuk membeli sebuah rumah.

Tentunya Anda dan pasangan telah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. Selagi pada saat ini kebutuhan keuangan belum terlau banyak.

baca juga: Kriteria Lahan yang Layak Dibangun Perumahan

Persiapan sejak dini merupakan langkah awal yang bagus untuk rencana ingin memiliki rumah dengan bermodalkan tabungan Anda dan pasangan.

2. Buka Rekening Tabungan Khusus

Cara bagus untuk Anda dan pasangan adalah dengan membuat rekening tabungan khusus. Di rekening ini nanti hanya diperuntukkan tabungan khusus untuk membeli rumah.

Pastikan Anda dan pasangan tidak menggunakan uang untuk keperluan lain dari rekening tabungan khusus ini. Keduanya bisa berbagi porsi tabungan ini, misalkan masing-masing 30% dari gaji.

baca juga: Properti Indonesia Semakin Bertumbuh Tapi Tak Signifikan

Penjelasannya apabila Anda dan pasangan memiliki gaji masing-masing 8 juta rupiah. Maka Anda dan pasangan masing-masing harus menabung sebesar 2,4 juta rupiah setiap bulan.

3. Investasi Jangka Panjang Bersama

Bukan hanya menabung, kalian juga perlu melakukan investasi jangka panjang secara bersama demi merealisasikan impian berdua untuk memiliki hunian.

Masih dengan perhitungan yang sama, bila Anda dan pasangan memiliki gaji yang kisaran 8 juta setiap bulan. Maka Anda dan pasangan dapat mengalokasikan setidaknya masing-masing 20% dari baji untuk investasi jangka panjang seperti reksadana saham. Contohnya :

Maka Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 1,6 juta dari gaji masing-masing setiap bulan untuk investasi reksadana.

baca juga: Manfaat Rumah Kecil pada Era Modern!

Facebook Comments