media offline

Pemasaran merupakan inti dari sebuah bisnis. Pemasaran juga menjadi ujung tombak dari sebuah bisnis. Bisnis bisa menjadi besar dan sukses apabila strategi pemasaran yang dilakukan berhasil.

Bisnis properti juga harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran yang tepat akan mendatangkan banyak penjualan.

Jenis-jenis Media Pemasaran

Umumnya, media pemasaran yang dilakukan ada empat jenis. Yaitu, media offline, media cetak, media elektronik, dan media online. Setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa memilih salah satu atau keempat media sekaligus. Namun yang perlu diingat, semakin banyak media yang kamu gunakan, semakin besar pula biaya yang dikeluarkan, dan kemungkinan penjualan juga akan semakin besar. Bijaklah dalam memilih.

1. Pemasaran Menggunakan Media Offline

offline marketing
Strategi pemasaran offline. Sumber gambar: Nik MacMillan di Unsplash

Strategi pemasaran yang bisa dilakukan jika menggunakan media offline adalah dengan cara melakukan direct selling, promo manual, dan marketing event. Metode direct selling adalah metode dimana kamu memasarkan proyek properti kepada konsumen yang sudah kamu targetkan sebelumnya. Metode promo manual adalah metode yang dilakukan dengan cara memasang spanduk, memasang baliho, dan menyebarkan brosur.  

Sedangkan metode marketing event adalah kamu membuat acara customer gathering untuk mengenalkan proyek yang kamu tawarkan dan bertemu secara langsung kepada calon konsumen. Banyak developer properti yang saat ini menggunakan metode ini. Bisa kamu lihat, di beberapa kota besar, dalam beberapa bulan sekali akan ada acara customer gathering.

2. Pemasaran Menggunakan Media Cetak

media cetak
Strategi pemasaran media cetak. Sumber gambar: Olu Eletu di Unsplash

Kedua adalah strategi pemasaran menggunakan media cetak. Metode yang digunakan dalam promosi menggunakan media cetak adalah beriklan di koran atau pun majalah. Tiap koran dan majalah menawarkan biaya iklan yang berbeda-beda. Ukuran iklan yang akan kamu pasang juga mempengaruhi. Usahakan untuk beriklan di koran atau majalah yang terkenal dan punya target pembaca sesuai dengan target konsumen yang kamu harapkan.

3. Pemasaran Menggunakan Media Eletronik

tv
Strategi pemasaran media elektronik. Sumber gambar: Tim Mossholder di Unsplash

Kemudian adalah strategi pemasaran media elektronik. Melalui media elektronik, kamu bisa beriklan menggunakan radio dan televisi. Biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran melalui media elektronik tergolong besar. Apalagi jika kamu memilih beriklan di televisi. Biaya yang ditawarkan setiap radio dan televisi berbeda-beda. Tergantung rating masing-masing radio dan televisi, serta rating acara radio dan televisi tersebut. Prime time juga berpengaruh terhadap biaya. Apabila kamu memilih beriklan di prime time, siap-siap untuk menggelontorkan biaya yang besar.

 

4. Pemasaran Menggunakan Media Online

pemasaran online
Strategi pemasaran online. Sumber gambar: Igor Ovsyannykov di Unsplash

Saat ini, perkembangan teknologi tidak mungkin diabaikan. Banyak calon konsumen yang menggunakan teknologi digital misalnya smartphone. Oleh karena itu, strategi pemasaran bisnis properti sudah seharusnya untuk mulai menggunakan strategi pemasaran media online.

Jika menggunakan media online, langkah pertama yang paling mudah dan murah adalah buatlah akun sosial media dari proyek properti yang sedang kamu tawarkan. Biasanya, satu proyek properti, satu akun sosial media. Kamu juga membuat akun sosial media perusahaan properti milikmu untuk memasarkan banyak proyek yang kamu tawarkan sekaligus.

Setelah itu, buatlah website. Website saat ini merupakan suatu kebutuhan untuk digunakan dalam pemasaran media online. Website akan membantu meningkatkan branding, apalagi ditambah dengan media sosial yang terintegrasi.

Terakhir, beriklan. Kamu bisa beriklan di hampir semua media sosial. Dengan beriklan kamu bisa menjangkau lebih banyak orang untuk bisa mengenal proyek yang kamu tawarkan. Selain beriklan di media sosial, kamu juga bisa beriklan di situs atau portal khusus iklan. Ada yang gratis ada pula yang berbayar. Pilih sesuai kebutuhan.

Sekarang kamu sudah mengenal keempat strategi pemasaran yang bisa digunakan developer properti. Untuk itu, segera mengambil tindakan. Karena rencana tanpa tindakan adalah sebuah hal yang sia-sia. Semangat!

Facebook Comments