Perizinan Perumahan yang Wajib Kita Lengkapi

0
157

Perizinan perumahan adalah hal  wajib bagi developer properti untuk melengkapi persyaratan demi terlaksananya sebuah hunian perumahan yang aman dan nyaman.

Jika ingin mengembangkan perumahan di daerah yang Anda tempati. Anda harus melengkapi beberapa persyaratan tentang izin dan lain-lain.

Dulu ada 33 jenis perizinan. Sekarang dipangkas dan ada yang digabung supaya lebih ringkas lagi.

Berikut daftar perizinan perumahan yang harus di lengkapi, kalau tidak mau nantinya akan bermasalah!

1. Izin Lingkungan Setempat

Izin mendirikan perumahan ini terkait dengan undang-undang gangguan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat.

2. Rencana Umum Tata Ruang

Perizinan perumahan ini dikeluarkan oleh Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah). Yaitu, suatu badan yang mengatur dan mencetuskan suatu perumahan dilokasi tertentu layak atau tidak.

3. Izin Pemanfaatan Lahan

Perizinan perumahan ini dikhususkan untuk developer yang menggunakan lahan sawah untuk di konversi menjadi perumahan. Izin ini dikeluarkan oleh BPN.

4. Izin Prinsip

Perizinan perumahan jenis ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat (ketentuan dan aturan berlaku di daerah masing2).

5. Izin Lokasi

Izin lokasi dikeluarkan oleh Kementrian Agraria dan Tata Ruang atau oleh BPN.  Diberikan kepada perusahaan dalam rangka memperoleh tanah yang diperlukan untuk pelaksanaan rencana perencanaan modal.

Dalam catatan izin lokasi tidak berlaku bagi perusahaan BUMN yang seluruh modalnya dimiliki negara.

6. Izin Badan Lingkungan Hidup (AMDAL)

Perizinan perumahan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) merupakan pengganti dari Amdal. Jika lokasi yang digunakan wilayahnya kecil, cukup hanya mengurus izin ke Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup dan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UP-UK)

7. Izin Dampak Lalu Lintas

Perizinan perumahan ini dikeluarkan oleh Menteri Perhubungan. Apabila perumahan ingin dihubungkan dengan jalan arteri, maka pengembang harus mempunyai izin ini.

8. Pengesahan Siteplan

Pengesahan site plan (perencanaan lahan) mempunyai fungai untuk mengetahui pengaturan ruang yang akan digunakan saat perumahan dibangun.

Izin pengesahan site plan diterbitkan oleh dinas pemda setempat yang dinaungi oleh Kementrian PUPR.

Facebook Comments