bisnis properti

Bisnis properti ternyata bisa dimulai tanpa harus menyertakan modal yang besar, bahkan bisa tanpa modal. Kok bisa? Karena modal utama dari bisnis properti adalah kemampuan berbicara khususnya dalam hal menjual sesuatu. Tentu kemampuan tersebut bisa dilatih. Kemudian setelah menguasai kemampuan tersebut anda harus memulai bisnis properti. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa tips untuk memulai bisnis properti yang bisa anda coba.

baca juga: Pentingnya Mengenali Pengembang Properti Sebelum Beli Apartemen

1. Rajin Memantau Iklan

Iklan-iklan properti sekarang banyak dimuat di berbagai media. Seperti media cetak maupun elektronik. Hal itu bisa menjadi peluang, karena kamu bisa ikut memasarkan properti tersebut ke saudara atau kerabat anda yang membutuhkan. Tentu, kamu harus mematok harganya sedikit lebih tinggi guna memperoleh keuntungan.

2. Mulai dari Lingkungan Sekitar

Selain mencari iklan properti di media cetak maupun elektronik, kamu juga bisa mengamati kondisi lingkungan sekitarmu. Apakah ada rumah atau tanah yang akan di jual. Jika iya, maka kamu bisa membantu mencarikan pembeli. Lagi-lagi dengan harga yang kamu patok sedikit diatas harga yang ditawarkan penjual supaya kamu bisa mendapatkan selisih keuntungan.

3. Menawarkan Kerjasama dengan Calon Pembeli

Tahapan berikutnya adalah membuat kerjasama dengan calon pembeli. Pada tahap ini, kemampuan menjualmu diuji. Ceritakan properti yang kamu tawarkan secara detail dan sesuai fakta. Ingat, jangan berlebihan hingga tampak seperti membual. Hal seperti itu bisa membuat calon pembelimu tidak tertarik.

baca juga: Bisnis Rumah Kos, Kunci Mendapatkan Passive Income

4.Membuat Merk Usaha

Setelah kamu mendapat pembeli pertamamu dan berlanjut ke pembeli kedua, ketiga, dan seterusnya. Maka reputasimu sebagai pebisnis properti mulai terbangun. Untuk mendukung reputasimu tersebut, kamu bisa membuat merk usaha sendiri. Keuntungan dengan membuat merk usaha sendiri adalah membuat reputasimu sebagai pebisinis properti semakin bersinar dan terpercaya.

5. Promosi Melalui Media Online

Saat ini, penawaran produk atau jasa melalui media online sudah merupakan hal lumrah. Bahkan banyak bisnis yang beralih ke digital dan pengguna media sosial yang kian hari makin meningkat. Hal ini menandakan promosi melalui media online adalah salah satu promosi yang efektif. Tentu harus diingat, setiap promosi memerlukan strategi. Jadi, jangan lupa menyusun strategi demi promosi yang efektif.

baca juga: Kebutuhan Properti Meningkat! Butuh 2 Miliar Rumah, 80 Tahun Lagi

6. Merekrut Karyawan

Bisinis bukan tentang one man show. Kamu bukan superhero yang bisa menyelesaikan semua urusan bisnis sendirian. Lebih bijak jika kamu hanya fokus pada salah satu hal pada bisnismu dan merekrut karyawan untuk menyelesaikan urusan bisnismu yang lain. Hal ini akan membuat proses kerja menjadi lebih cepat karena ditangani oleh orang yang kompeten dalam hal itu dan kamu juga membantu membuat lapangan pekerjaan yang dibutuhkan orang.

Itu tadi beberapa tips untuk memulai bisnis properti. Harap diingat, proses bisnis dibentuk oleh beberapa kegagalan dan tidak serta merta sukses. Jadi, jika kamu gagal dalam proses berbisnis, kamu harus bangkit lagi. Semangat, sobat bisnis!

 

 

Facebook Comments